Semakin Jelas, Megawati Mengincar MenBUMN

Capture

Saya sudah pernah menyinggung masalah Megawati atau PDIP ingin menguasai kementerian BUMN. Mereka terus menerus “menggoyang” kursi Rini Soemarno hingga saat ini. Jika sebelum-sebelumnya mereka ribut melalui Pansus Pelindo. Kemarin Megawati secara terang-terangan menyinggung kementerian BUMN saat pidatonya di Rakernas PDIP.

Megawati dalam pidatonya terlihat memang ingin sekali menguasai kementerian BUMN. Dengan alasan bahwa BUMN sekarang sangat liberal atau meninggalkan nawacita belum tentu benar sama sekali. Lupakah bagaimana Laksamana Sukardi dahulu ketika menjadi menteri BUMN dan itu juga ketika ?

Di berita Megawati Sindir BUMN dalam Pidato Rakernas I PDI Perjuangan, ketua DPD PDIP mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan nama untuk mengganti Rini Soemarno. Ini juga menjadi kunci bahwa BUMN memang benar-benar diincar oleh PDIP.

Manuver PDIP juga tidak hanya melalui pansus dan pidato Megawati yang menyindir Menteri BUMN. Mereka bermanuver juga melalui para pekerja JICT yang berdemo pada bulan Januari lalu. Tuntutan para pekerja JICT ini salah satunya adalah menuntut Rini Soemarno mundur. “Selain itu tuntutan SP JICT soal tidak dilaksanakannya rekomendasi Pansus Angket Pelindo II dan memaksa mundur Menteri Negara BUMN sudah di luar hubungan industrial baik antara karyawan dengan perusahaan” kata Direktur Utama JICT.

Pertanyaannya untuk apa para pekerja menuntut penggantian Rini Soemarno? Bukannya jika mereka ingin berdemo harusnya fokus pada hubungan mereka dengan perusahaannya. Ini tentunya patut dipertanyakan bukan? Ini serikat pekerja atau serikat pergerakan politik?

2 penjelasan di atas sudah menyimpulkan bahwa Megawati ingin mengambil alih menteri BUMN. Menggantinya dengan orang dari PDIP, dimana Jokowi menginginkan menteri BUMN dari profesional atau orang non-parpol. Karena sudah menjadi rahasia umum, jika BUMN menjadi sapi perah kas parpol.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/adi_sastrawidjaja/semakin-jelas-megawati-mengincar-menbumn_56947869b793738a048b456f

Leave a comment